Sunday, May 23, 2010

Semiotika dalam Desain

Semiotika merupakan kata yang sering dijumpai dan wajib dimengerti dalam dunia desain, khususnya desain komunikasi visual. Kata semiotika berasal dari kata Yunani semeion yang berarti 'tanda' atau 'sign' dimana merupakan ilmu yang mempelajari sistem tanda seperti bahasa, kode, sinyal, dan sebagainya.

Semiotika merupakan teori yang awalnya diperkenalkan oleh Ferdinand de Saussure, Ferdinand melihat adanya makna yang muncul ketika ada hubungan yang bersifat asosiasi antara bentuk penanda dengan sebuah ide. Penanda tersebut adalah suatu bunyi ataupun coretan yang bermakna yang merupakan gambaran mental/konsep.

Semiotika memiliki makna dimana objek tidak hanya membawa informasi, tetapi juga membawa dampak secara emosional bagi penikmatnya. Indera akan menangkap sinyal tersebut yang kemudian menarik kesan kepada otak yang menimbulkan suatu kesimpulan makna secara subjektif tergantung cara pandang penikmatnya.

Semiotika dapat dijumpai dari mata terbuka saat bangun tidur hingga menutup mata pada waktu tidur. Gagang pintu, cangkir, cahaya lampu, buku bacaan, rambu-rambu lalu lintas, meja kerja, hingga kain selimut membawa prinsip semiotika bagi penikmatnya. Setiap hari banyak tanda-tanda yang dikonsumsi secara visual, disini penerapan semiotika berperan misalnya pada iklan publik agar berhasil menyita perhatian masyarakat sekaligus meraih minat terhadap pesan iklan.

No comments: