Sunday, May 23, 2010

Branding Tips 1 - Pitching

Pitching merupakan suatu proses interaksi antara konsultan/desainer dengan klien, dimana pada proses pitching sering melibatkan beberapa konsultan. Pada proses pitching konsultan mencoba menawarkan solusi kepada klien dan klien menjelaskan kebutuhan mereka. Proses pitching berjalan beberapa pertemuan, disesuaikan dengan kebutuhan suatu proyek.

Keberhasilan proses pitching dapat diraih dengan memulai riset terhadap identitas klien, hal ini akan menjadi langkah awal memahami keinginan dan selera klien. Pihak konsultan perlu menunjukkan kelebihan dan kekuatannya dalam menciptakan suatu brand. Dalam proses pitching kemampuan presentasi dan penguasaan materi diperlukan.

Dalam proses pitching, kita dapat menampilkan proyek-proyek yang sudah dikerjakan sebelumnya, dengan klien dalam maupun luar negeri. Yang perlu dilakukan pada proses pitching adalah memaparkan langkah yang akan dilakukan pada proses branding maupun apa yang kita dapat lakukan bagi kepentingan klien.

Secara profesional pada proses pitching kita menanggapi pendapat klien namun tetap menawarkan solusi yang mungkin kurang sesuai dengan pendapat klien, disini kita melakukan proses tukar pikiran dengan klien demi keberhasilan branding yang menjadi kepentingan klien tersebut. Hasil pencapaian yang pernah diraih menjadi nilai tambah dimana kita berhasil mengangkat kepercayaan klien. Disinilah sesungguhnya kita sendiri sudah mem-branding diri kita kepada klien.

No comments: