Friday, June 4, 2010

Semiotic Quiz: Test Your Own Skill !


Semiotika merupakan sesuatu yang biasa dijumpai mahasiswa maupun pelaku desain grafis. Memahami semiotika merupakan cara melatih kepekaan visual kita dimana segala tanda dapat kita jumpai disekitar kita.

Dalam teori semiotika, segala kesederhanaan bentuk maupun warna akan menimbulkan makna yang lebih spesifik jika digabungkan dengan kesederhanaan lainnya. Dengan berlatih memahami semiotika, kepekaan visual akan semakin matang sehingga nilai estetika dalam diri seorang desainer dapat lebih terangkat sekaligus mendalamnya konsep pemikiran dalam analisa dan pemecahan masalah.

Semiotic Quiz merupakan permainan santai yang penulis buat sebagai alat refresh kepekaan visual, kuis ini tidak mutlak menjadi ukuran kemampuan kita, ikutilah dengan santai tanpa beban.

Sekarang kita mulai dengan menggabungkan 2-3 kotak, disini kotak-kotak tersebut memiliki pencampuran warna yang menimbulkan suatu makna/ciri tertentu. Misalnya gabungan warna hijau lumut dan hitam memberi kesan visual Starbucks. Kali ini kita fokuskan semua jawaban berupa nama suatu brand produk makanan atau minuman, kecuali 2 tebakan terakhir.



Mari kita lihat hasil jawaban yang ada:









Inilah jawaban yang paling sulit dan tak terduga
(mungkin sedikit keluar jalur):



Kalau dicermati halaman blog ini sudah memberi pesan visual
atas jawaban berikut:



Semoga Semiotic Quiz ini dapat sedikit menyegarkan kita dari kepenatan yang ada...

4 comments:

Eunike アガタ said...

follow me back donk...
http://sharestory-justshare.blogspot.com/

hehehe..

Anonymous said...

semiotika sedikit banyak tergantung pengalaman pribadi sang penglihat. di mata gue, warna yang lu bilang "oreo", gue bilang itu intermilan. warna yang lu bilang "es doger" itu bwt gue dunkin donuts. hehehe...

Johct Design said...

@Anonymous:
Itu bener banget, quiz ini mmg punya jawaban yg beragam, jawaban yg disediakan hanya menjadi contoh pengamatan pribadi.
thx 4 commentnya...

Anonymous said...

yg coca cola malah mirip cimb niaga..
coca cola di ingatan g perasaan merah dan putih ya??